CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 13 Januari 2009

Tips Menghilangkan Spyware

Banyak orang mengeluh karena komputernya akhir-akhir ini lambat sekali jalanya dan kebanyakan juga protes karena banyak iklan pop-up bermunculan ketika browsing. Pop-up ini disebabkan oleh program yang berhasil di instal di komputer kita dan biasa disebut dengan spyware.
Kemunculan spyware ini memang menjengkelkan. Iklan pop-up itu tiba-tiba muncul di layar komputer kita. yang lebih menjengkelkan lagi program yang terinstal biasanya akan mengajak teman-temanya untuk nggendon di komputer kita. Kalau begini komputer kita jadi lambat.
Penampilan iklan seperti itu sebenarnya bukan hal yang simpatik, kalau menurut saya. pengguna komputer jadi terganggu dan tentu saja akan menimbulkan image negatif bagi pemasang iklan.
Lepas dari semua itu bagaimana cara mencegah atau menanggulanginya
Banyak program spy removal yang beredar saat ini, bahkan anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk menggunakan program tersebut (baik…………… ya ? ).
program pertama adalah SpyBot Search and Destroy bisa di download lewat http”://www.safer-net-working.org. Install software ini dan update databasenya dengan menekan tombol search for update. Reboot komputer anda.
software kedua adalah Ad-aware keluara Lava-Soft (
http://www.lavasoftusa.com) download free versionnya dan install. update dahulu databasenya kemudian scan dan hapus spyware yang ditemukan. Anda dapat mengupdate program ini setidaknya seminggu sekali.

Bagi yang belum terkena spyware
Bagi yang belum terkena spyware mungkin beberapa hal berikut akan membantu anda untuk menghindari spyware
Naikkan setting security anda, hati-hati dengan program yang anda instal kebanyak dari mereka ada yang menyertakan spyware sebagai contoh Kazaa,Imesh dlsb. Jika anda menggunakan windows, update security anda atau coba lah sekali-kali main linux siapa tahu anda akan nyaman menggunakannya.
Bagi pengguna Internet Explorer klik tools Internet Options > security > Internet tekan tombol default tekan OK sekarang tekan Custom level. Untuk Activex pilih prompt untuk download unsigned pilih disable untuk Download unsigned Avtivex controls dan Initializeand script Activex control

ActiveX kata orang berbahaya benarkah ?
Saat browser menjalankan Activex Control sama saja dengan memerintah komputer untuk menginstal software tanpa konfirmasi kepada anda. Tentu anda tidak mau menginstal program tanpa anda tahu program tersebut untuk apa.
Anda dapat menggunakan software ‘Immunize’ di spyBot Search dan Destroy untuk mencegah komputer menginstal program yang tidak anda inginkan.
Program lain adalah Spyware Blaster dari Javacool (
http://www.wilderssecurity.net

0 komentar: